Satpol PP Amankan ODGJ yang Resahkan Warga Temenggungan

ilexvis

visfmbanyuwangi.com – Warga di Kelurahan Temenggungan, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, dibuat tak tenang sejak beberapa hari terakhir, disebabkan adanya Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) berkeliaran di wilayah setempat dan sering mengamuk.

Keberadaan ODGJ perempuan ini pun dilaporkan kepada Satpol PP Banyuwangi. Aparat penegak peraturan daerah itu langsung turun.

Mereka mendatangi ODGJ yang masih merupakan warga di Kelurahan Temenggungan tersebut.

Kedatangan Satpol PP jelas tidak diterima begitu saja. Namun, mereka terus berusaha melakukan pendekatan. Tak lama kemudian, ODGJ itu pun manut dan berhasil diamankan.

Kasi Ops Satpol PP Banyuwangi, Ali Mansur mengatakan, setelah berhasil diamankan, orang dalam gangguan jiwa itu dibawa ke Dinas Sosial untuk ditangani lebih lanjut.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, ODGJ itu sering mengganggu warga dan anak-anak di Kelurahan Temenggungan. Selain itu, ODGJ ini juga sering memukul warga dan merusak rumah sekitar,” jelas Ali.

“Karena telah meresahkan warga, akhirnya dilaporkan ke kami yang selanjutnya kami lakukan penindakan,” tuturnya.

Ali menyebut, ODGJ tersebut sudah mengganggu Perda Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Sehingga harus diamankan.

“ODGJ itu sudah diserahkan ke Dinas Sosial. Informasinya akan dibawa ke Panti Rehabilitasi di Malang untuk perawatan kejiwaan yang bersangkutan,” pungkas Ali.

Share this Article
Leave a comment