Libur Lebaran, Dispendukcapil Banyuwangi Tetap Berikan Layanan Adminduk

ilexvis

visfmbanyuwangi.com – Selama libur lebaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi membuka layanan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk). 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, saat libur Lebaran, pemkab tetap berusaha untuk memberikan pelayanan publik terhadap masyarakat, khususnya bagi pemudik asal Banyuwangi. Salah satunya layanan kependudukan.

“Di momen libur lebaran banyak warga perantauan yang pulang kampung, sekaligus untuk mengurus berbagai kebutuhan adminduk. Karena itu, kami memfasilitasi mereka. Meski mudik tetapi mereka masih bisa mengurus surat yang dibutuhkan. Memang tidak semua, tapi urusan-urusan tertentu dan yang sifatnya mendesak,” papar Bupati Ipuk.

Ditambahkan Kadispendukcapil Banyuwangi, Juang Pribadi, pelayanan tersebut akan dibuka di Kantor Dispendukcapil Banyuwangi secara terjadwal, pada 19 hingga 21 April 2023.

“Pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Setiap hari ada petugas yang siaga untuk melayani warga,” ungkap Juang.

Menurutnya, selama libur lebaran, Dispendukcapil tetap menyiagakan sejumlah petugas untuk melayani adminduk warga yang sifatnya urgen.

Misalnya seperti pengurusan Surat Pernyataan Miskin (SPM), aktivasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), cetak KTP yang hilang.

Layanan ini juga untuk memudahkan warga yang mau mengurus klaim BPJS Kesehatan atau vaksinasi Covid-19. Selain itu juga ada layanan untuk aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

“Seperti warga Banyuwangi yang bekerja di Bali dan KTP mereka rusak atau hilang, maka kami bisa membantu pengurusannya dengan mencetakkan KTP baru,” tutur Juang.

Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan warga Banyuwangi sendiri yang ingin mengurus surat-surat atau dokumen kependudukan lainnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, rata-rata permintaan warga berkisar pada pengurusan KTP yang rusak atau hilang.

“Tapi warga juga bisa mengurus dokumen lainnya seperti Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, dan lain-lain. Yang penting persyaratannya terpenuhi,” pungkas Juang.

Share this Article
Leave a comment