Akibat Abu Bakar, Bangunan Budidaya Jamur di Banyuwangi Ludes Terbakar

ilexvis

visfmbanyuwangi.com – Bangunan budidaya jamur di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi ludes terbakar, Kamis (10/2/2023) malam. Seisi bangunan terbakar nyaris tidak bersisa. Beruntung tak ada korban jiwa.

Api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke bangunan rumah warga.

Kapolsek Banyuwangi AKP Kusmin mengatakan, bangunan budidaya jamur yang terbakar milik Orang Urihono (56), warga setempat.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Yang pertama mengetahui adalah pemiliknya sendiri. Bangunan tempat budidaya yang terbuat dari kayu membuat api cepat menyebar,” jelas Kapolsek.

Pemilik dan warga sempat berupaya menjinakkan api dengan alat seadanya. Namun upaya itu tidak berhasil. Warga kemudian menghubungi tim pemadam kebakaran Kabupaten Banyuwangi. Dan petugas damkar menerjunkan tiga unit mobil pemadam ke lokasi.

AKP Kusmin menjelaskan, api akhirnya berhasil dipadamkan selang satu jam setelah kejadian.

“Saat itu, bangunan telah rata gosong hampir seluruhnya,” ungkap Kapolsek.

Menurutnya, kebakaran ini diduga berasal dari sisa abu bakar di dalam rumah induk yang dibuang di dekat tempat budidaya. Lokasi abu bakar dibuang berjarak sekitar 25 meter dari tempat budidaya jamur.

“Kemungkinan besar, abu tersebut belum sepenuhnya padam. Bara api kemudian membakar sampah dekat lokasi pembuangan hingga merembet ke bangunan budidaya,” jelas AKP Kusmin.

Kebetulan sekitar lokasi itu banyak barang yang mudah terbakar sehingga api cepat membesar dan terjadi kebakaran.

“Kerugian pemilik bangunan itu diprakirakan sekitar Rp 10 juta. Selain itu, usaha budidaya jamur pemilik bangunan juga terhenti,” pungkas Kapolsek.

Share this Article
Leave a comment