BanyuwangiPeristiwa

Diduga Setelah Dapat Suntikan Vaksin PMK, Sapi di Banyuwangi Lahir Prematur 

visfmbanyuwangi.com – Sejumlah sapi indukan yang tengah hamil di Banyuwangi mengalami kontraksi dan melahirkan secara prematur, diduga setelah mendapat suntikan vaksin pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Dinas Pertanian dan Pangan setempat.

Selain itu, beberapa ekor sapi juga mengalami kurang nafsu makan hingga menyebabkan badan sapi lemas.

Seperti yang terjadi terhadap sapi milik Abdul Jalal, warga Dusun Persen, Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Kondisi sapinya lemas karena melahirkan sebelum waktunya atau prematur.

“Usia kandungan sapi saya itu masih delapan bulan, diduga mengalami kontraksi setelah mendapat suntik vaksin pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Dinas Pertanian dan Pangan, Banyuwangi pada Rabu (19/10/2022) kemarin,” papar Jalal.

Akibat suntik vaksin masal ini, menyebabkan 3 ekor sapi milik Jalal tersebut selain melahirkan secara prematur, juga membuat sapi lemas. Bahkan, beberapa ekor sapi milik Jalal mengalami kehilangan nafsu makan.

“Saya hanya bisa pasrah. Semoga ada tanggung jawab dari pemerintah daerah untuk mengganti rugi, jika terjadi sesuatu terhadap ternak saya. Karena sampai saat ini, ada beberapa sapi lainnya yang diduga juga mengalami efek yang sama dan akan melahirkan sebelum waktunya,” ungkap Jalal.

Sementara itu, hingga kini, pihak Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi masih terus melakukan observasi terkait adanya temuan kasus tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button