BanyuwangiPeristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Mahasiswa Banyuwangi Desak Kapolri Copot Kapolda Jatim

visfmbanyuwangi.com – Ratusan mahasiswa di Banyuwangi menggelar do’a bersama sekaligus mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencopot Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta atas musibah tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa.

Dalam kegiatan yang di gelar di halaman Universitas 17 Agustus (Untag) Banyuwangi, Rabu malam (5/10/2022) tersebut, para mahasiswa berdiri membentuk lingkaran yang di tengahnya terdapat puluhan lilin.

Suasana semakin haru setelah beberapa lampu dipadamkan dan penerangan hanya menggunakan nyala lilin tersebut. Mereka tampak khusyuk memanjatkan berdo’a bersama untuk almarhum dan almarhumah para suporter Aremania yang menjadi korban tragedi Kanjuruhan, Malang.

Andri Hidayat, Ketua BEM Untag Banyuwangi, mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi solidaritas untuk mengenang sekaligus mendo’akan para korban tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

“Terdapat 131 nyawa melayang saat terjadi kerusuhan usai laga pertandingan Arema dan Persebaya dengan skor akhir 2-3,” ungkap Andri.

“Aksi yang kami gelar ini adalah untuk memberikan suport kepada keluarga korban serta mendo’akan para korban supaya tenang di alam sana. Keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan,” paparnya.

Selain menggelar do’a bersama, mereka juga menyampaikan 3 pernyataan sikap.

Andri menjelaskan, yang pertama adalah mendukung sikap Aremania yang membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan. Kedua, mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas pencopotan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, buntut tragedi Kanjuruhan, Malang.

“Ketiga, kami mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencopot Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta sebagai buntut tragedi Kanjuruhan,” tegas Andri.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat. Pencopotan jabatan kapolres itu buntut tragedi Kanjuruhan, Malang. AKBP Ferli Hidayat selanjutnya dimutasikan sebagai Pamen SDM Polri. Sedangkan jabatan Kapolres Malang kini diisi oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya.

Sementara itu, desakan agar Kapolda Jatim dicopot muncul dari berbagai pihak yang menyayangkan penggunaan gas air mata di dalam stadion Kanjuruhan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button